Ketika saya hendak menginstall ulang laptop saya dengan Windows 10, saya mengalami masalah tidak bisa install Windows 10, berhenti di opening. Kemudian saya searching dan browsing di Internet, maka saya temukan bahwa tipe partisi hardisk harus GPT. Maka saya ubahlah tipe partisi hardisk dari MBR ke GPT. Lalu, saya masukan DVD instalasi Windows 10 ke laptop, dan ternyata masih belum bisa dan tetap berhenti di tampilan awal instalasi, tidak lanjut ke langkah berikutnya.

Kemudian saya berfikir untuk mencoba menginstall Windows 10 menggunakan flashdisk. Maka saya searching aplikasi untuk membuat USB Windows bootable. Dan jatuh pilihan saya untuk menggunakan Rufus. Rufus adalah aplikasi portable untuk membuat USB bootable Operating System.

Maka segera mengunduh Rufus dari websitenya di sini. Setelah selesai diunduh, kemudian saya jalankan aplikasi Rufus dan saya buat konfigurasinya seperti di bawah ini :

 

Setelah membuat konfigurasi seperti di atas, klik Start untuk memulai membuat USB Windows 10 bootablenya.

Setelah selesai proses membuat USB Windows 10 bootable, kemudian saja tancapkan USB Windows 10 bootable ke laptop yang akan diinstall. Kemudian diatur posisi boot ke flashdisk. Dan akhirnya, Windows 10 berhasil saya install di laptop saya dengan lancar.